Minggu, 06 Desember 2015

Mengenal Ajian Bandung Bondowoso


Siapa yang tak mengenal ajian bandung bondowoso (ABB), sebuah ilmu kanuragan yang tak mudah untuk didapatkan. Konon orang yang menguasai ilmu ini ia mampu berkomunikasi dengan makhluk halus bahkan bisa menjadi panglima jin. Berikut ini sebuah upaya yang saya gali dengan bertanya pada seorang guru saat masih di padepokan dulu.
ajian-bandung-bondowoso
Gambar: https://pixabay.com/id/alam-semesta-orang-siluet-bintang-1044107/

Apa sih ABB itu?

Ilmu Bandung Bondowoso merupakan ajian tingkat tinggi yang dulunya dimiliki oleh orang-orang tertentu. Dalam mendapatkan keilmuan ini memang tak semudah mendapatkan aji macan putih prabusiliwangi maupun ilmu lainnya.

Jenis ilmu ini memang tidak banyak diajarkan oleh padepokan-padepokan ilmu kadigdayan, hal ini tentu saja karena syarat yang sangat berat serta resiko besar bagi para pengamalnya.

Ajian ini lebih menitikberatkan untuk mengungkap alam gaib yang ada di dunia ini, bahkan dalam sebuah ajaran ekstrim berteman dengan jin serta berkomunikasi dengan mereka menjadi hal mutlak yang dilakukan oleh si penguasa ilmu tersebut.

Maka dari itu keilmuan ini bisa saja menjadi boomerang bagi siapa saja yang menguasainya tanpa terlebih dahulu memahami hakikat kehidupan ini. Bisikan serta godaan akan banyak menghadang para pengamal ajian ini terutama godaan dari wanita dan harta.

Benarkan ajin ini warisan dari Nabi Sulaiman?

Meskipun ada beberapa sumber yang menyebutkan seperti itu, namun saya sendiri kurang sependapat dengan hal tersebut. Pasalnya seluruh amalan serta mantra ajian bandung bondowoso sepenuhnya tergolong ajaran kejawen sama halnya dengan ajian jaran goyang pemikat wanita jarak jauh.

Sementara itu Nabi Sulaiman memiliki kemampuan berkomunikasi dengan jin lantaran menjadi orang yang dipilih Allah SWT tanpa adanya ambisi untuk menguasai ilmu tersebut.

Dengan kata lain Nabi Sulaiman menjadi seseorang yang istimewa dengan segala kemampuannya baik dari segi ekonmi maupun keilmuan. Jadi tidak bisa ABB dikatakan sebagai ilmu warisan dari Nabi Sulaiman.

Bahkan Sulaiman tidak hanya mampu berkomunikasi dengan Makhluk Jin melainkan juga mampu berkomunikasi dengan hewan.

Lantas Bagaimana Sejarah Adanya ABB ini?

Tidak ada yang dapat mengetahui dengan pasti atas sejarah ajian ini, yang jelas masyarakat Jawa mengenal ilmu ini sebagai ajian bandung bondowoso seiring meluasnya cerita rakyat tentang kisah cinta Bandung Bondowoso dan Rara Jonggrang.
asal-usu-ajian-bandung-bondowoso
Gambar: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/f7/Prambanan_at_night.jpg

Meskipun saya sendiri tidak begitu percaya dengan cerita tersebut namun ajian bondowoso yang dikenal oleh masyarakat saat ini merupakan nama yang didapatkan dari kisah seribu candi.

Dalam cerita rakyat tersebut dikisahkan bahwa Bandung Bondowoso jatuh hati pada seorang wanita bernama Rara Jonggrang. Namun siapa sangkat cinta Bondowoso bertepuk sebelah tangan, hanya saja Rara Jonggrang enggan menolak lamarannya lantaran takut akan terjadi suatu bencana di negerinya.

Agar penolakan Rara Jonggrang terlihat lebih halus dan tidak memicu kemarahan Bondowoso akhirnya wanita cantik itu memberikan syarat agar Bondowoso membuatkanny seribu candi dalam waktu semalam. Tantangan yang diberikan oleh Rara Jonggrang tentu menjadi sebuah tantangan bagi Bondowoso dan segera membuatkan candi sebagaimana yang disyaratkan oleh wanita idamannya.

Dalam peristiwa inilah kesaktian Bondowoso dalam mengusai bangsa jin serta melibatkan mereka dalam pembangunan seribu candi terjadi. Menguasai bangsa jin serta memerintahkan pada mereka untuk melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan sang penguasa ilmu bisa saja mejadikan boomerang bagi si empunya yang tak kuat iman.

Bahkan dalam kisah Bondowoso tersebut ia tidak berhasil membuat 1000 candi dan akhirnya cerita rakyat ini berujung pada berdirinya bangunan candi prambanan di Jawa Tengah.

Apakah Ajian Ini Rekomended?

Semua ilmu pastilah bermanfaat jika didapatkan serta diamalkan di jalan kebenaran. Namun saya sendiri tidak merekomendasikan kalian untuk menguasai keilmuan ini. Bahkan sampai detik ini saya belum pernah mengamalkan ajian ini lantaran syarat yang diberikan pada ritualnya tergolong sangat berat.

Selain itu syarat-syarat tertentu seperti berpuasa tanpa berbuka juga tergolong amalan yang dilarang oleh Agama Islam sehingga saya takut jika mengamalkannya nanti justru akan mengikis keimanan saya pada Sang Kholiq.

Begitulah sebuah upaya yang saya lakukan dalam mencari tahu tentang ajian bandung bondowoso yang kerap diperbincangkan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ya.

You May Also Like

Subscribe by Email

Mengenal Ajian Bandung Bondowoso
4/ 5
Oleh