Minggu, 27 Desember 2015

Cerita Hantu Pulung Gantung Konon Jadi Isyarat Bunuh Diri di Gunungkidul

Pesugihan - Mitos pulung gantung (PG) menjadi sebuah isyarat bunuh diri di wilayah wonosari gunungkidul memang menyisakan misteri. Pasalnya cerita hantu pulung gantung ini kerap dikait-katikan dengan musibah yang menimpa salah satu warga di daerah tersebut. Kabar ini tentu sedikit banyak akan mengingatkan kita tentang kisah misteri api gaib teror warga gunungkidul beberapa pekan yang lalu.
cerit-hantu-pulung-gantung-konon-jadi-isyart-bunuh-diri-di-gunungkidul

Misteri pulung gantung

Pulung gantung adalah salah satu makhluk gaib berbentuk bola api yang melayang di udara. Cerita yang kerap digambarkan oleh masyarakat sekitar tentang hantu ini konon menampakan diri berupa cahaya merah kehijauan dan terlihat meredup dan membara seolah ingin menandakan bahwa makhluk tersebut juga merupakan makhluk hidup.

Beberapa tragedi mulai dari musibah yang menimbulkan korban hewan ternak warga hingga menimbulkan korban jiwa pernah mewarnai cerita hantu yang satu ini. Meskipun tak ada orang yang dapat memastikan jenis makhluk apa yang kerap menghantui warga wonosari tersebut namun kebanyakan dari mereka mempercayai jika di suatu tempat terlihat penampakan sosok menyerupai bola api menyala maka tak lama kemudian akan ada musibah yang menimpa warga sekitar.
Warga gunungkidul seolah sudah sangat peka dengan keberadaan makhluk yang juga kerap digambarkan mirip dengan banaspati ini. Dimana terjadi penampakan PG maka di tempat itu pula akan timbul suatu kesedihan.

Salah satu peristiwa yang pernah dikabarkan ialah tentang kematian ratusan hewan ternak di salah satu kampung di gunungkidul. Konon sebelum musibah misterius itu terjadi ada salah satu warga yang mengaku melihat pancaran cahaya berwarna merah mengkilat dan terjatuh di kampung tersebut.
Selain kejadian itu ada pula yang beranggapan bahwa PG merupakan suatu pertanda atau isyarat akan adanya seseorang yang melakukan gantung diri.

Isyarat Bunuh Diri

Pro da kontra mengenai pendapat jika hantu ini merupakan menjadi isyarat bahwa akan terjadinya aksi nekat bunuh diri oleh seseorang selalu menuai kontrovensi. Bahkan berbagai macam media berita baik elektronik maupun surat kabar pernah memberitakan fenomena mistis di salah satu kabupaten yang berada di wilayah Yogyakarta tersebut.
hantu-pulung-gantung-wonosari-gunungkidul
Ilustrasi Pulung Ganung di Wonosari Gunungkidul
Salah satu media televisi swasta juga secara khusus pernah melakukan investigasi terhadap cerita hantu yang menjadi fenomena misterius di Wonosari ini. Selain dikaitkan dengan sosok banaspati ada pula yang berusaha menghubungkan peristiwa ini dengan UFO.

Saking seringnya peristiwa mengerikan ini terjadi sampai-sampai masyarakat Gunungkidul mempercayai bahwa pulung gantung menjadi isyarat bunuh diri salah seorang warga dimana penampakan cahaya tersebut jatuh/ menghilang.

Entah apa memang demikian kebenarannya yang jelas hingga saat ini belum ada orang yang dapat memastikan rumor tersebut. Kabar ini ternyata didukung pula dengan fakta yang menunjukkan bahwa dalam kurung waktu 9 tahun terdapat kasus bunuh diri dengan cara gantung diri di wilayah kabupaten Gunungkidul. Dan mayoritas peristiwa tersebut didahului oleh salah satu warga sekitar yang mengaku melihat hantu PG di sekitar rumah korban.

Hal inilah yang kemudian menimbulkan mitos jika penampakan makhluk tersebut menjadi isyarat bahwa dalam waktu dekat akan ada seseorang yang melakukan bunuh diri khususnya dengan cara gantung diri.

Benar tidaknya kabar tersebut tentu harus kita sikapi dengan bijaksana, menganggap bahwa fenomena tersebut merupakan kehendak Sang Pencipta menjadi salah satu penilaian terbaik dari cerita hantu pulung gantung di Gunungkidul.

You May Also Like

Subscribe by Email

Cerita Hantu Pulung Gantung Konon Jadi Isyarat Bunuh Diri di Gunungkidul
4/ 5
Oleh