Kamis, 03 Desember 2015

Ratu Pantai Selatan, Misteri Tak Terungkapkan

Ratu Pantai Selatan merupakan sosok gaib yang disebut-sebut sebagai penguasa kerajaan gaib di laut selatan Jawa. Mitos serta kisah yang menyertainya hingga kini menjadi misteri tak terungkapkan di Indonesia. Cerita tentang kerajaan gaib pantai selatan hingga keberadaan Nyi Roro Kidul maupun Nyi Blorong kerap dikaitkan dengan sosok siluman yang digambarkan memiliki paras cantik dalam setiap lukisan.
ratu-pantai-selatan-misteri-tak-terungkapkan
Pantai Selatan Jawa
Selain dikabarkan menjadi penguasa kerajaan gaib laut selatan dengan gelar kanjeng Ratu Pantai Selatan juga kerap dikaitkan dengan keberadaan Dewi Lanjar Sari penguasa pantai utara pulau jawa. Adakah hubungan antara kedua makhluk tak kasap mata tersebut memang tak pernah ada seorang pun yang mampu mengungkapnya.

Selain dikait-kaitkan dengan makhluk gaib sebangsanya Kanjeng Ratu juga sering diceritakan kerap memberikan bantuan pada orang-orang di Indonesia terlebih para penguasa pada jaman dulu. Sebut saja Panembahan Senopati yang sebelum mendirikan kerajaan mataram melakukan persemedian di pinggir pantai daerah Cempuri, selatan Bantul Yogyakarta, dalam cerita rakyat disebutkan bahwa saat itulah terjalin hubungan istimewa antara Panembahan Senopati dengan Kanjeng Ratu yang kemudian diyakini oleh masyarakat jawa bahwa diantara keduanya terjalin ikatan suami istri. Bahkan tak cukup sampai disitu, cerita rakyat juga mengabarkan bahwa siapa saja penguasa kerajaan Mataram maka secara otomatis akan menjadi suami dari Kanjeng Ratu Kidul penguasa gaib pantai selatan. Entah bagaimana misteri tersebut hingga kina juga tak pernah terpecahkan.

Selain Panembahan Senomati dalam mitologi jawa masyarakat juga mengenal keberadaan Kanjeng Ratu semasa kepemimpinan Sultan Agung Hanyokrokusumo dimana pertemuan keduanya dimulai dari sebuah proyek besar yang dilakukan Kerajaan Mataram dalam membuat sebuah bendungan yang kini dikenal sebagai kampung Segoroyoso dengan menanggul kali opak dan kali oya yang bermuara ke laut selatan. Mengetahui aliran sungai yang surut bahkan sama sekali tak mengalir konon Kanjeng Ratu terjun langsung mencari tahu siapa gerangan penyebab terputusnya aliran kedua sungai tersebut. Cerita ini pula yang kemudian menumbuhkan kepercayaan pada masyarakat Jawa bahwa Kerajaan Mataram memiliki dukungan dari penguasa kerajaan gaib di laut selatan Jawa.
ratu-pantai-selatan-misteri-tak-terungkapkan
Kanjeng Ratu Pantai Selatan
Sementara itu di Jawa Barat seorang penguasa yang kerap disebut dengan Prabu Siliwangi juga diceritakan memiliki hubungan istimewa dengan Kanjeng Ratu. Bahkan cerita misteri menghilangnya Prabu Siliwangi beserta para pengikutnya di daerah gunung salak diyakini erat karena bantuan dari Kanjeng Ratu pula.

Misteri Ratu Pantai Selatan dengan segala mitos di dalamnya memang hingga kini tak pernah ada orang yang mampu memecahkannya. Mungkin hanya Allah SWT yang mengetahui hal tersebut dengan pasti. Yang jelas sebagai manusia beriman kita diwajibkan untuk mempercayai kegaiban termasuk bangsa jin, setan, dan malaikat sebagaimana yang diperintahkan dalam ajaran agama.

You May Also Like

Subscribe by Email

Ratu Pantai Selatan, Misteri Tak Terungkapkan
4/ 5
Oleh