Sabtu, 21 November 2015

6 Jenis Burung Alap – Alap Penangkap Tikus (Falcon)

Jenis Burung Alap - Alap Penangkap TikusAlap – alap atau dikenal dengan sebutan falcon merupakan burung predator yang hampir mirip dengan pemangsa ganas yaitu elang. Sasaran mangsa utama burung ini adalah hewan darat yang berukuran 10 – 20 cm seperti tikus, hama, dan sebagainya.

Ciri fisik dari alap – alap memang sangat gagah, memiliki sayap yang runcing, paruhnya pendek, cakar membulat serta memiliki kelebihan dibandingkan dengan elang yaitu gaya akrobatis dan sangat cepat.

Jenis Burung Alap - Alap Penangkap Tikus
Jenis Burung Alap - Alap Penangkap Tikus

Pada jaman dahulu sekitar tahun 2000an , burung ini merupakan burung yang dapat ditemui di pekarangan, sawah, pepohonan dan sekitar rumah anda. Namun tahun sekarang sudah tidak dapat anda lihat lagi, hal ini terjadi karena perburuan liar dan penjualan ke warga asing yang dihargai per ekornya Rp 1.000.000 hingga 5.000.000.

Dengan kejadian itu, jenis burung alap – alap dimasukkan ke dalam hewan yang dilindungi pada undang – undang, lampiran PP No.7 Tahun 1999 dan UU No.5 Tahun 1990 menyatakan :

1.Barangsiapa dengan sengaja menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup; (Pasal 21 ayat (2) huruf a), diancam dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah). (Pasal 40 ayat (2));

2. Barang siapa dengan sengaja menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan mati (Pasal 21 ayat (2) huruf b), diancam dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah). (Pasal 40 ayat (2));

3. Dengan sengaja memperniagakan, menyimpan atau memiliki kulit, tubuh, atau bagian-bagian lain satwa yang dilindungi atau barang-barang yang dibuat dari bagian-bagian tersebut atau mengeluarkannya dari suatu tempat di Indonesia ke tempat lain di dalam atau di luar Indonesia; (Pasal 21 ayat (2) huruf d), diancam dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah). (Pasal 40 ayat (2));

Burung alap – alap merupakan burung tercepat dari pada burung elang karena sayapnya yang runcing bahkan burung ini dijadikan inspirasi pembuatan pesawat tempur bernama “F-16 Fighting Falcon”  buatan amerika.


Fungsi Burung Alap – Alap Falcon Untuk Manusia

Burung falcon memang sangat bermanfaat sekali bagi manusia, penglihatan yang sangat tajam 2,6 kali dari penglihatan manusia, unggul dalam menangkap hewan darat meski bersembunyi di bawah rerumputan.

Bagi manusia keberadaan hewan peliharaan burung alap – alap (Falcon) memang sangat bermanfaat, terutama pada sawah pertanian, burung alap-alap membantu menangkap bahkan membasmi hewan hama tikus di sawah, namun kekurangan burung ini adalah bayi ayam yang masih kecil juga menjadi santapannya.

6 Jenis Burung Alap – Alap (Falcon)


1. Alap – Alap Macan (Falcon Severus)
Merupakan jenis burung alap – alap yang berhabitat di pulau sumatera, jawa, kalimantan, papua, maluku, jawa dan bali. Lingkungan habitat yang disukai adalah kebun.

Memiliki ciri panjang 25 CM, mempunyai tubuh warna merah dan hitam, serta pemangsa hewan hewan kecil di darat seperti serangga, tikus dan sebagainya.
Jenis Burung Alap - Alap Macan
Jenis Burung Alap - Alap Macan


2. Alap – Alap Walet
Jenis burung alap – alap yang memiliki postur bulu yang cantik, bewarna putih susu dan hitam yang sangat jelas dan tidak kusam. Ukuran panjang tubuh mencapai 30 cm.

Jenis burung alap – alap walet berasal dari Afrika, Erasia, India, Cina Dan Burma. Namun ketika musim dingin, burung ini bermigrasi di tanah jawa, namun tak tentu juga terkandang bermigrasi di Afrika Tengah.

Hewan yang menjadi sasaran burung walet ini adalah capung, kelelawar, dan layang – layang.
Jenis Burung Alap - Alap Walet
Jenis Burung Alap - Alap Walet


3. Alap – Alap Kawah (Falco Peregrinus)
Jenis burung alap – alap yang memiliki bentuk tubuh yang amat panjang 50 cm, dan burung ini sangat terlihat ganas dan gagah serta ditambah warna postur bulu yang hitam dan bewarna kelabu.

Mangsa utama alap – alap kawah ini adalah burung merpati, jalak, nuri dan ayam, maka dari itulah burung ini sangat berbahaya bila di lepaskan di alam liar karena dapat memakan hewan yang sudah hampir punah lainnya, tak hanya itu burung ini juga menyukai hewan kecil lainnya seperti kelinci, kelelawar, ikan dan kadal.

Bila burung ini beterbangan, pihak dinas perhewanan akan bertindak, dan menangkapnya tanpa membunuhnya
Jenis Burung Alap - Alap Kawah
Jenis Burung Alap - Alap Kawah



4. Kestrel
Jenis burung alap – alap yang sangat imut dan lucu hampir mirip bentuknya dengan burung hantu sekitar 21 Cm. Burung ini juga memiliki tingkah yang unik yaitu dapat akrobat tanpa bergerak dan kelebihan lain terletak pada bola matanya yang dapat melihat mangsa di bawah air atau dikenal dengan mata ultraviolet.

Habitat asal adalah dari afrika dan amerika, makanan pokok adalah kelelawar, tikus dan ikan.
Jenis Burung Alap - Alap Kestrel Amerika
Jenis Burung Alap - Alap Kestrel Amerika


5. Barred Forest Falcon
Merupakan jenis burung alap – alap yang menyukai daerah kawasan subtropis seperti di hutan, mangsa utama adalah burung – burung kecil yang baru melahirkan dan serangga di bawah.
Jenis Burung Alap - Alap Barred Forest
Jenis Burung Alap - Alap Barred Forest


6. Orange Breasted Falcon
Merupakan jenis burung alap – alap yang memiliki postur warna bulu hitam dan orange kecoklatan. Habitat asal dari meksiko.

Mangsa utama adalah jenis serangga, tikus dan sebagainya.
Jenis Burung Alap - Alap Orange Breasted

You May Also Like

Subscribe by Email

6 Jenis Burung Alap – Alap Penangkap Tikus (Falcon)
4/ 5
Oleh