Sabtu, 05 September 2015

Banaspati Merupakan Hantu Paling Bahaya

Banaspati adalah sosok hantu yang paling bahaya dan ditakuti oleh kalangan masyarakat jawa. Karena selain penampakannya secara tiba-tiba konon jenis makhluk halus ini juga mampu melukai manusia. Seperti apa wujud dari hantu yang mengerikan tersebut bisa kita ketahui dari catatan misteri di bawah ini.
penampakan-hantu-banaspati
Ilustrasi Penampakan Hantu Banaspati

Wujud Banaspati

Dari sekian banyak cerita dan kisah misteri yang pernah dialami oleh masyarakat di jawa khususnya di daerah Yogyakarta terdapat persamaan dan kemiripan tentang wujud hantu api yang diceritakan. Setidaknya terdapat 2 wujud yang kerap disebut dengan hantu banaspati.

1 Bola Api

Sosok banaspati ini merupakan sosok hantu dengan wujud bola api, pada awal penampakannya memang terlihat tidak menakutkan karena hanya sebesar kepalan tangan manusia. Namun jika kita tidak segera menghindar dari jenis makhluk gaib ini konon dirinya perlahan akan membesar layaknya kobaran api.

Hantu yang juga kerap disebut sebagai makhluk jadi-jadian ini juga dikabarkan mampu melayang di udara serta berpindah antara satu pohon ke pohon yang lain. Tempat favorit yang menjadi persinggahan jenis hantu ini sangat beragam mulai dari rumpun bambu, pohon kelapa, hingga pemakaman umum.

2 Manusia Api

Sosok lain yang juga tak kalah sering diceritakan oleh masyarakat Yogyakarta yakni mengenai penampakan banaspati dengan wujud manusia api. Seluruh tubuh mulai dari ujung kaki hingga kepala konon menyala dan memancarkan cahaya layaknya kobaran api ketika kita membakar api unggun.

Keganjilan tidak hanya terletak dari unsur yang mewujudkan hantu tersebut, namun juga tingkah laku yang ia miliki. Konon banaspati dengan wujud manusia api ini berjalan menggunakan kedua tangannya sementara kakinya berada di atas.

Bisa kita bayangkan betapa mengerikan penampakan jenis makhluk gaib yang berbeda dengan hantu glundung pringis yang menyeramkan. Terlebih beberapa kalangan masyarakat juga memiliki keyakinan bahwa hantu ini mampu melukai manusia dengan menjulurkan lidah apinya sehingga dapat mengakibatkan luka bakar pada manusia.

Sebagian lagi percaya bahwa hantu ini menampakan diri dan mengejar manusia sebagai mangsanya dengan cara menghisap darahnya, hal ini sangat berbeda dengan cerita misteri hantu pocong mengikuti tukang gali kubur. Benar atau tidaknya cerita misteri tersebut tentunya tidak dapat kita pastikan.

Pada era 80-an sosok makhluk halus ini kerap sekali menampakkan diri dan mengganggu manusia yang sekiranya melewati atau sedang berada diwilayah dimana banaspati tersebut berada. Mengenai asal usul dan sejarah hantu banaspati tentunya hanya Yang Maha Gaib yang mengetahuinya dengan pasti, karena Dialah Yang Menciptakannya.

You May Also Like

Subscribe by Email

Banaspati Merupakan Hantu Paling Bahaya
4/ 5
Oleh