Rabu, 14 Oktober 2015

Misteri Gunung Salak Dari Makam Tua Hingga Kerajaan Gaib

Bukan rahasia lagi misteri gunung salak dari makam tua hingga kerajaan gaib yang sering dikaitkan dengan berbagai peristiwa menyeramkan di tempat tersebut. Cerita tentang keangkeran gunung salak kembali santer dibicarakan masyarakat setelah adanya kecelakaan maut yang menimpa salah satu pesawat komersil pada pertengahan tahun 2012 yang lalu dan memakan korban lebih dari 40 penumpangnya. Keberadaan kuil atau pura di lereng gunung juga kerap dikaitkan dengan kerajaan gaib yang ada di wilayah tersebut. Peristiwa dan cerita misteri apa saja yang pernah terjadi di gunung setinggi 2211 DPL tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.
gambar-penampakan-misteri-gunung-salak
Credit: youtube.com/watch?v=sPb9k7xSSns

FAKTA

Sebelum lebih jauh berbicara tentang misteri gunung salak ada baiknya terlebih dahulu kita simak fakta-fakta yang menyelimuti keberadaan gunung tersebut.

Tempat Favorit Para Pendaki

Gunung yang membentang di dua kabupaten yakni Bogor dan Sukabumi ini merupakan salah satu tempat favorit bagi para pecinta alam untuk melakukan pendakian. Selain rute nya yang terjang dan menantang, gunung dengan ketinggian 2211 meter di atas permukaan laut ini juga memiliki 3 puncak yang masing-masing sangat menarik untuk dikunjungi. Meskipun peristiwa memilukan pernah bahkan sering terjadi di kawasan pendakian namun banyak para pecinta alam yang berusaha untuk menaklukkan puncak gunung salak Bogor Jawa Barat tersebut.
Baca Juga: Misteri Jembatan Comal Pemalang Jawa Tengah
Setidaknya pernah terjadi beberapa kali kecelakaan para pendaki yang berujung maut. Mayoritas dari korban tersebut meninggal lantaran banyak hal, beberapa diantaranya adalah: 1) kehabisan bekal makanan ketika tersesat; 2) Terjatuh ke jurang; 3) Menghirup gas beracun; dan lain sebagainya.

Letusan Gunung

Gunung salak dulunya juga merupakan gunung api aktif sebagaimana gunung merapi Jawa Tengah saat ini. Pada masa lalu aktivitas vulkanik juga kerap terjadi, sepanjang sejarah dari letusan gunung salak setidaknya terdapat 7 kali letusan cukup besar mulai tahun 1668 hingga 1938. Terakhir kali tercatat adanya aktivitas vulkanik pada pada tahun 1938.

Kecelakaan Pesawat

Beberapa kali kecelakaan pesawat mulai dari pesawat latihan hingga pesawat komersial pernah terjadi di wilayah gunung salak Jawa Barat.

Setidaknya 6 kali kecelakaan pesawat di wilayah tersebut pernah terjadi yang diawali dari tahun 2002,2003, 2004, 2004, 2008, 2008, dan terakhir tahun 2012 yang menewaskan lebih dari 40 penumpangnya.

MISTERI GUNUNG SALAK

Kisah angker dan mistis seolah membuat bulu kuduk siapa saja yang mendengarnya akan berdiri karena merasakan seram.
ilustrasi-makam-keramat

Banyak kejadian-kejadian aneh di luar nalar manusia yang terjadi di gunung salak. Beberapa tempat pemujaan juga terlihat berada di lereng gunung yang menandakan ada pula orang yang sengaja pergi ke tempat tersebut untuk melakukan sebuah ritual pemujaan.

Selain tempat-tempat pemujaan ternyata sepanjang jalur pendakian juga terdapat beberapa tempat misterius, tempat tersebut diantaranya ialah sebagai berikut:

Makam Mbah Salak

Meskipun terdapat beberapa makam di sepanjang kaki gunung, namun dari sekian makam yang ditemukan makam yang paling terkenal dan melegenda adalah makam mbah salak yang berada di puncak salak I. Inilah misteri gunung salak yang pertama dan sangat terkenal.

Sebagian pendaki mempercayai bahwa di bawah nisan yang berada di atas gunung tersebut terdapat jasad seseorang yang bernama mbah salak. Bahkan ada pula yang mengira bahwa asal usul nama salak juga berasal dari keberadaan makam tua tersebut.

Di lain sisi masih ada pula yang mengatakan bahwa sebuah nisan yang berada di puncak salak I hanya sekedar petilasan dan menandakan bahwa seseorang yang kerap disebut dengan nama mbah salak dulunya pernah atau sering singgah di tempat tersebut.

Terlepas dari kebenaran cerita tersebut yang jelas ada salah satu pendaki gunung yang mengaku pernah melihat sosok lelaki bersurban di sekitar makam tersebut. Lantas benarkah beliau merupakan mbah salak? Mungkin hanya Tuhan yang tahu.

Keangkeran Titik Hektometer 47 hingga 48

Bagi teman-teman yang pernah mendaki atau mendengar misteri gunung salak para pendaki melalui jalur cidahu pasti pernah merasakan keanehan di titik 47 sampai 48. Pasalnya di tempat ini banyak makhluk halus tak kasap mata yang iseng dan sering berusaha untuk berinteraksi dengan manusia.

Makanya jangan kaget ketika melintasi jalur ini tiba-tiba merasakan ada sesuatu yang aneh entah itu pohon, batu, maupun hewan yang mencuri perhatian. Hampir bisa dipastikan bahwa hal tersebut merupakan bukti adanya sosok gaib yang ingin berinteraksi dengan pendaki.

Sebagian lainya juga pernah mengalami keganjilan di tempat ini, ada banyak pendaki yang mengaku mendengar suara tangisan, jeritan, maupun suara seseorang tertawa di wilayah ini. lebih menyeramkan lagi mereka yang mendengar namanya dipanggil-panggil entah oleh siapa. Jika Anda mengalami hal ini jangan sekali-kali menyahut atau bahkan mencari sumber suara dengan mendekatinya.

Pengalaman-pengalaman tersebut di atas rupanya belum seberapa jika dibandingkan pengalaman seorang pendaki sebut saja namanya Rio, ia mengaku pernah melihat banyak penghuni gaib di wilayah titi 47-48.

Bahkan ia mengaku melihat banyak sekali puluhan bahkan ratusan sosok gaib dengan tubuh tak sempurna ada yang berbadan tanpa kepala, bertubuh tinggi besar, seorang lelaki yang melambai-lambaikan tangannya. Bahkan ada pula sosok makhluk kecil kerdil yang tak lain merupakan sosok gaib penunggu lereng gunung.

Kerajaan Gaib

Meskipun jalur pendakian dapat dikatakan sangat terjal, namun gunung yang pernah dikabarkan pernah menjadi tempat pasukan Belanda mengubur harta karun ini memang tak pernah sepi dari para pendaki yang merasa tertantang akan keadaan geografis jalur pendakian.

Salah satu jalur pendakian menuju puncak salak I selain melalui jalur cidahu juga bisa dilakukan melalui jalur cimelati. Namun demikian tidak kita sarankan melalui jalan tersebut karena jalur cimelati tergolong jalur ilegal tanpa adanya pos registrasi (itu dulu entah sekarang).

Menurut penduduk sekitar lereng salak yang sistem kepercayaan sunda wiwitan meyakini bahwa di daerah tersebut terdapat kerajaan gaib dengan penghuni sebangsa jin yang telah lama ada di tempat itu.

Hal ini didukung dengan penerawangan gaib yang dilakukan oleh seorang indigo yang mengatakan bahwa di jalur cimelati terdapat pemukiman jin semacam kerajaan gaib dengan penghuni bervariatif. Yakni ada yang bertubuh setengah manusia setengah hewan, sosok lelaki tinggi besar berbadan hitam, dan lain sebagainya.

Selain keberadaan kerajaan gaib tersebut masih ada satu cerita legenda lagi yang menyelimuti keangkeran gunung salak. Kisah prabu siliwangi dan prajuritnya yang konon menghilang di lereng gunung menambah keangkeran dan kemistikan gunung yang memiliki 3 puncak ini. Bahkan ada pula yang mempercayai barang siapa ingin belajar ajian macan putih prabu siliwangi maka harus melakukan suatu ritual di tempat tersebut.

Demikian kisah dan peristiwa tentang misteri gunung salak yang kerap menjadi sorotan media dan masyarakat Indonesia.

You May Also Like

Subscribe by Email

Misteri Gunung Salak Dari Makam Tua Hingga Kerajaan Gaib
4/ 5
Oleh