Jumat, 16 Oktober 2015

Misteri Dibalik Keindahan Gunung Ciremai

Misteri gunung ciremai sangat terkenal dikalangan para pecinta alam khususnya mereka yang pernah melakukan pendakian di gunung dengan tinggi lebih dari 3 ribu meter diatas permukaan air tersebut. Desas desus misteri dibalik keindahan gunung ciremai yang konon sangat angker ini kita dapatkan dari pengalaman pada pendaki yang mengaku pernah mengalami kejadian menyeramkan di tempat ini. Gunung ciremai merupakan salah satu tempat pendakian paling menakjubkan di wilayah Jawa Barat. gunung yang berbentuk tumpeng ini membentang di tiga wilayah kabupaten mulai dari Majalengka, Kuningan, hingga ke Cirebon.

Meskipun gunung ini tergolong sudah lama tidak menunjukan peningkatan aktivitas vulkanik yang membahayakan namun ciremai tetaplah gunung berapi yang masih aktif dan sewaktu-waktu bisa saja mengalami peningkatan aktifitas. Letusan besar yang terakhir terjadi pada tahun 1937 dan hingga sekarang aktifitas vulkanik G. Ciremai terlihat datar-datar saja dan hanya sesekali gempa tektonik akibat penaikan aktifitas.

Gak usah panjang lebar deh kita bahasa mengenai keadaan geografis di Ciremai, saatnya kita ungkap misteri dibalik keindahan gunung ciremai.

Sebagaimana wilayah pegunungan lain yang menjadi sarang serta pemukipan para lelembut, di G. Ciremai juga mengandung banyak cerita misteri tak kalah menarik dengan tempat lain. Adapun berbagai misteri gunung ciremai yang kerap diceritakan oleh masyarakat setempat maupun para pendaki antara lain sebagaimana di bawah ini.

Kisah Wali Songo

Sebuah mitos yang beredar di masyarakat konon para waliyullah tokoh penyebaran agama islam di Jawa pernah mendaki gunung ciremai untuk melakukan suatu musyawarah dengan dipandu oleh Sunan Gunung Jati.

Dari perjalanan tersebut rupanya Sunan Gunung Jati yang sudah berusia sepuh tak lagi mampu melanjutkan perjalanan menuju puncak. Beliau memutuskan untuk berhenti dan istirahat di sebuah batu yang kini dikenal dengan sebutan batu lingga.
Baca Juga: Misteri Kawah Ratu Gunung Salak
Versi kedua menyebutkab bahwa Sunan Gunung Jati memang pernah berada di wilayah gunung ciremai namun bukan untuk bermusyawarah melainkan bersemedi mendekatkan diri pada Allah SWT dan bertadzabur di sebuah batu yang kini dikenal sebagai batu lingga itu.

Nyi Linggi

Entah darimana awal mula kisah nyi linggi dikenal masyarakat yang jelas sampai saat ini cerita batulingga erat dikaitkan dengan sosok nyi linggi yang konon menempati batu tersebut setelah turunya Sunan Gunung Jati dari pengasingannya.

Cerita yang beredar di masyarakat setempat mengatakan bahwa nyi linggi melakukan pertapaan bersama dua ekor macan kumbang.

Tujuan utama beliau melakukan semedi di tempat ini konon merupakan upaya untuk menguasai ilmu tertentu. Namun belum sempat prosesi ritual itu selesai terlebih dahulu nyi linggi meninggal dunia. Begitu pula dengan kedua hewan peliharaannya konon menghilang tanpa bekas.

Hingga cerita ini diuliskan masih ada beberapa warga yang mengaku pernah melihat penampakan sosok nyi linggi bersama kedua hewan peliharaannya tersebut di kawasan batu lingga.

Hal ini pernah juga dialami oleh seorang pendaki yang mengaku pernah pula melihat sosok wanita bertongkat dan berpakaian kuno yang diapit dua macan tutul sewaktu melakukan pendakian melalui jalur linggar jati. Mungkinkah penampakan tersebut merupakan perwujudtan dari nyi lingga yang santer diperbincangkan masyarakat sekitar?

Kuntilanak

Makhluk gaib paling iseng yang ada di jalur pendakian gunung ciremai tak lain adalah sesosok kuntilanak. Banyak para pendaki yang pernah melihat penampakan kuntilanak di sepanjang jalur pendakian batulingga.

Bagi teman-teman yang memiliki kepekaan mata batin pasti akan merasakan sesuatu yang aneh terjadi dalam perjalanannya. Jika suasana aneh seperti bau harum atau bau kemenyan sudah deh bisa dipastikan ada makhluk tak kasap mata yang mengikuti perjalanan kalian.
Baca Juga: Hantu Kuntilanak Merah Mengganggu Rombongan Pramuka
Maka dari itu bagi para pendaki disarankan untuk senantiasa mentaati tata tertib dan ketentuan yang berlaku di gunung ciremai tersebut.

Suara Gamelan

Hampir di semua kawasan gunung suara-suara tak asing kerap terdengar di telinga kita. Salah satu suara yang kerap terdengar di wilayah gunung ciremai yakni suara gamelan jawa. Namun anehnya semakin kita dengarkan suara tersebut seolah semakin menjauh.

Para saksi telinga (weleh bahasanya) meyakini jika suara tersebut bersumber dari para lelembut penghuni pegunungan yang sengaja mengecoh konsentrasi para pendaki agar tersesat dari jalur utama.

Uraian di atas hanyalah beberapa dari sekian banyak misteri gunung ciremai. Satu hal yang perlu kita waspadai ketika mendaki gunung yakni jangan lupa untuk berdoa mengucap salam, serta mengutamakan keselamatan dan sopan santun. Dengan demikian insyaallah perjalanan kita akan dipermudah dan lancar sebagaimana yang kita harapkan.

Terima kasih telah membaca misteri dibalik keindahan gunung ciremai, jika teman-teman ada yang mengalami kejadian lain jangan lupa dishare ya dengan berkomentar di kolom komentar.

You May Also Like

Subscribe by Email

Misteri Dibalik Keindahan Gunung Ciremai
4/ 5
Oleh