Selasa, 13 Oktober 2015

Misteri Benteng Pendem Ngawi Nan Angker

Misteri benteng pendem Ngawi yang terkenal sebagai salah satu tempat angker di Jawa Timur banyak diperbincangkan orang. Selain sejarah masa lalu tentang asal usul benteng pendem Ngawi kono di lokasi ini kerap terlihat penampakan-penampakan gaib. Seperti apa sejarah dan asal usul keangkeran lokasi tersebut? Berikut penjelasannya.

Sejarah 

Bangunan ini pada masa lalu sebenarnya memiliki nama benteng van den bosch yang berad di lokasi desa Pelem, Ngawi, Ngawi, Jawa Timur. Sebutan benteng pendem diberikan karena bangunan benteng pertahanan pasukan Belanda di bawah pimpinan Johannes Van den Bosh ini dibangun di bawah permukaan tanah dan hampir seluruh bangunan tidak terlihat dari kejauhan.
misteri-benteng-pendem-ngawi-angker
Credit: youtube.com/watch?v=deMSyI7VqMo
Bangunan yang dibangun tahun 1839 dan selesai pada tahun 1845 tersebut dulunya merupakan markas besar pasukan Belanda sekaligus sebagai benteng pertahanan dari perlawanan pasukan Pangeran Diponegoro. Beberapa bangunan yang terdapat di dalamnya diantaranya digunakan sebagai ruang pimpinan, pasukan, ada pula yang berfungsi sebagai gudang amunisi.

Situs peninggalan sejarah ini saat ini dijadikan oleh masyarakat sekitar sebagai salah satu obyek wisata sejarah yang berada di Kabupaten Ngawi Jawa Timur. Lokasinya saat ini berada berdekatan dengan Taman Makam Pahlawan.

Makam Misterius

Sebuah makam tua yang terdapat di dalam area benteng pendem merupakan tanda bahwa adanya seseorang yang dimakamkan di tempat tersebut.

Adalah Kyai Muhammad Nursalim, seorang ulama besar di Ngawi sekaligus pejuang dari kubu Pangeran Diponegoro orang yang diyakini meninggal dan dimakamkan di tempat tersebut.
Menurut cerita yang melegenda di masyarakat Jawa Timur, Muhammad Nursalim adalah seorang ulama dengan kesaktian kanuragan yang ia miliki. Entah ajian kekebalan apa yang ia miliki namun banyak orang yang mengatakan bahwa beliau kebal dari senjata dan termasuk senjata api.

Karena itulah kemudian pasukan belanda menangkap dan membawa beliau ke markas mereka sebagai tahanan. Tak lama dari peristiwa tersebut terdengar kabar bahwa Kyai Muhammad Nursalim telah meninggal dalam tahanan karena dikubur hidup-hidup di salah satu bangunan utama benteng pendem.

Selain keberadaan makam Kyai Muhammad Nursalim di lokasi ini juga terdapat sumur tua yang konon dulunya digunakan oleh pasukan Belanda sebagai tempat pembuangan mayat para pekerja rodi yang dimanfaatkan sebagai pekerja dalam pembangunan benteng tersebut.

Misteri benteng pendem ngawi

makam-kyai-muhammad-nursalim-di-dalam-bangunan-benteng
Credit: youtube.com/watch?v=deMSyI7VqMo
Bangunan yang telah berdiri lebih dari satu setengah abad tersebut kini memang terlihat masih kokoh dan megah. Namun siapa sangka benteng yang berlokasi di Desa Pelem tersebut sering menimbulkan kisah misteri bagi masyarakat yang berkunjung ke tempat itu. Penampakan jenis makhluk gaib yang sering terlihat di bangunan benteng pendem ngawi juga tak kalah menyeramkan dengan misteri di balik kemegaha benteg marlborough di di antaranya adalah sebagai berikut:

Pasukan belanda tanpa kepala

Penampakan pasukan gaib menyerupai rombongan tentara belanda kerap terlihat di lokasi berdirinya benteng van den bosch ini. Lebih menakutkan lagi penampakan pasukan tersebut terlihat tanpa kepala. Hal ini tentu lebih menakutkan dibandingkan dengan penampakan pasukan belanda yang pernah kita ceritakan dalam misteri lawang sewu kemarin.

Siluman ular sebesar pohon kelapa

Sosok siluman ular berkepala manusia konon juga kerap menampakkan diri di benteng pendem tersebut. Meskipun keberadaannya tidak mengganggu manusia yang berkunjung namun penampakan nya yang mendadak dan tiba-tiba melesat di balik lorong-lorong bangunan tentu akan membuat ketakutan siapa saja yang melihatnya.

Manusia Kelelawar 

Sebagian orang lagi mengaku pernah melihat sosok hantu berwujud kelelawar besar dan hinggap di atas bangunan benteng.

Sosok makhluk gaib dengan tubuh hitam legam ini juga disinyalir menjadi makhluk penghuni salah satu ruangan di bangunan benteng van den bosh.

Selain ketiga penampakan makhluk astral sebagaimana tersebut di atas sebenarnya masih ada banyak penampakan lain seperti orang bersurban, penampakan kakek-kakek minta tolong, dan lain sebagainya.

Sedikit banyak penampakan makhluk tak kasap mata ini seolah menggambarkan peristiwa yang pernah terjadi dalam sejarah pembangunan benteng van den bosh ini. Semoga uraian singkat di atas dapat memberikan kita pemahaman mengenai sejarah dan misteri benteng pendem Ngawi Jawa Timur yang terkenal sebagai tempat paling angker di Kabupaten Ngawi.

You May Also Like

Subscribe by Email

Misteri Benteng Pendem Ngawi Nan Angker
4/ 5
Oleh