Minggu, 16 Juli 2017

Untung Rugi Bisnis Kolam Pemancingan

Bicara masalah bisnis pastinya tak lepas dari kata untung dan rugi, Iya kan ?
Apalagi kita akan memulai menjalankan suatu bisnis yang baru bagi kita, contohnya seperti yang akan saya bahas yaitu membuka usaha kolam pemancingan. Tentu saja kita harus cermat dalam memperhitungkan apakah bisnis tersebut nantinya dapat mendatangkan keuntungan atau sebaliknya.
Sukses bagi orang lain belum tentu sukses untuk kita, tetapi orang lain bisa sukses harusnya kitapun bisa. kuncinya adalah 3B yaitu berdoa, belajar dan berusaha.

Peluang_Usaha
Kolam Pemancingan

Sebenarnya saat kembali membuat artikel tentang kolam pemancingan sebenarnya ada trauma terhadap penyakit kambuhan saya yaitu " Demam Mancing " 
Adapun gejala-gejala yang saya rasakan yaitu malas, boros, kurang tidur, ribut sama istri, dan lain sebagainya.
Wah pemilik kolam yang untung, rugi di saya nih...

Hahaha ini hanya sekedar intermezo saja, selanjutnya mari kita langsung ke topik saja mengenai bisnis membuka kolam pemancingan.
Apakah kolam pemancingan  benar bisa menjadi peluang usaha menjanjikan ?
Baiklah saya akan  memberikan preferensi secara seimbang dengan harapan bisa menjadi manfaat sebelum memulai usaha/bisnis.

Apa Itu Kolam Pemancingan ?
Walaupun sama-sama berisi ikan tetapi kolam pemancingan itu tidak sama dengan kolam ikan.
Jika kolam ikan dibuat untuk budidaya, pembibitan, pembesaran, hiasan jika ikan hias, yang gunanya untuk komsumsi sendiri ataupun dijual sebagai bisnis.
Sedangkan kolam pemancingan dibuat sebagai tempat penyewaan bagi penghobi mancing yang tujuanya sebagai bisnis jasa.

Untuk mengetahui lebih tentang kolam pemancingan seperti apa modelnya, bagaimana sistemnya, apa saja jenis ikannya, sebaiknya bisa anda baca pada artikel di bawah ini.

Baca : Kolam Pemancingan Mengadu Tips Dan Trik





Bagaimana Membuat Kolam Pemancingan Yang Baik
Cara membuat kolam pemancingan yang baik tentunya bentuk dan ukurannya sesuai dengan jenis ikan dan sistem mancing yang akan diterapkan nantinya. Ukuran luas kolam yang ideal, kedalaman air, dan model blower air tentu saja antara jenis dan sistem mancing satu dengan yang lainya berbeda.
katakanlah pada ukuran lebar kolam, untuk jenis Lele lebih cocok dengan kolam yang lebih sempit daripada Bawal yang butuh kolam yang luas.
Saya yakin anda semua pembaca yang budiman penasaran, Kok bisanya ya ukuran kolam yang baik itu beda-beda buat satu jenis ikan dengan lainnya ???
Baiklah untuk menjelaskannya saya akan buatkan artikelnya, tunggu saja postingan berikutnya

Baca : Ukuran kolam Pemancingan (blm diupdate)

Selain itu ada 4 faktor lain yang perlu kita pikirkan sebelum membuat kolam pemancingan, yaitu : 

1. Lokasi
2. Sumber Air
3. Fasilitas
4. Sosial Lingkungan
 
Lokasi menjadi hal baku nomor satu, penentuan lokasi yang strategis, nyaman, mudah dijangkau,  bisa menjadi aset awal yang menguntungkan. Tetapi karena faktor lokasi yang strategis pula kita terkadang dihadapkan dengan berbagai dilema misalnya harga tanah/sewa tanah yang mahal.

⇨ Sumber air, apakah kondisi air tetap stabil disaat musim kering? jika air tidak stabil, berarti tidak baik untuk kolam pemancingan.

Fasilitas, sebagian pemancing nantinya bisa dipastikan membutuhkan fasilitas seperti mushola, warung makan, toilet, kios perlengkapan mancing dan lainnya. Jika itu semua itu belum terdapat di lokasi tempat pemancingan yang akan anda buat nanti maka perlu disediakan dengan konsekwensi butuh tambahan biaya untuk itu.

⇨ Sosial lingkungan yang kondusif


Kolam yang bagus, fasilitas yang lengkap, tempat yang strategis memang menjadi primadona bagi para pemancing.
Memang untuk itu diperlukan modal yang tidak sedikit untuk membuat kolam pemancingan, mulai dari bangunan, peralatan dan perlengkapan serta perizinan jika memang perlu. Tetapi semua itu juga bukan jaminan seratus persen bisnis anda akan lancar dan menguntungkan.
Ada juga contoh kolam pemancingan di daerah Jombor, Jumo, Temanggung yang dikelola seadanya oleh Pak Budi  ternyata laris manis pengunjungnya. 
Yang namanya Bisnis atau usaha apapun termasuk usaha kolam pemancingan juga tidak lepas dari Nasib dan Rejeki, tetapi pebisnis yang baik sebelum divonis nasib tentu cerdas dalam melihat Prospek, Menggali Potensi Dan Menengelamkan Resiko. Dan sebelum saya lanjutkan bahas semua itu, kita lihat dulu kira kira berapa sih modal untuk bisnis kolam itu. 

Modal Kolam Pemancingan
Berbicara masalah modal sebenarnya ini adalah hal yang relatif sesuai dengan kemampuan dana masing masing. Kolam Pemancinganpun bisa dibuat dengan sederhana, bagus, istimewa terserah anda. Pemancingan yang bagus tentu juga butuh biaya yang banyak, tetapi juga lebih banyak pengunjungnya demikian sebaliknya. Jadi untuk biaya yang kiranya cocok bagi anda silakan nanti disesuaikan sendiri, di bawah ini hanya perkiraan dari saya saja.



Perkiraan ini saya buat dengan perhitungan kolam dengan sistem kiloan,

Modal awal :
Pembuatan Kolam = 7.000.000 ( Biaya bertambah jika lahan anda sewa)
Pengadaan Peralatan = 2.000.000
Lain-lain = 1.000.000 


Biaya Operasional Per Bulan :
Cadangan stock awal pengadaan ikan 100 kg x 20.000 = 2.000.000
( biaya ini hanya sebagai cadangan kulakan ikan saja)

Beban Operasional Per Bulan
Upah Tenaga Kerja = 1.500.000 
Beban lain-lain = 500.000 
Total = 2.000.000

Laba dari sistem kiloan dihitung dari selisih harga beli dan harga jual, katakanlah per hari kolam anda kedatangan 20 orang dengan 1 orang melepas ikan masing masing 2 kg dengan selisih harga 5000, maka :
20 x 2 x  5000 x 30 hari = 6.000.000

karena  cadangan ikan hanya 100kg, maka setiap 2,5 hari anda harus kulakan ikan lagi

Ini hanya perkiraan saja, silakan lebih di cermati dan di kalkulasi sendiri hitungan saya. Kira-kira bisnis kolam pemancingan bisa mendatangkan untung apa rugi, seperti di atas mungkin gambarannya

Prospek Kolam Pemancingan
Secara teori membuka bisnis pemancingan sepertinya peluang bisnis yang menjanjikan. 
Bisnis ini mudah dijalankan, namun dalam prakteknya semua tergantung juga bagaimana managemen pengelolaannya.

Kolam menjadi prospek yang bagus karena pertimbangan sebagai berikut :
  1. Mancing adalah hobi, kebiasaan pemancing biasanya tidak memikirkan biaya untuk menyalurkan hobinya 
  2. Sekarang ini sulit memancing di sungai/rawa/danau karena banyak faktor seperti sungai tercemar, dangkal, punah dan sebagainya 
  3. Kendala waktu bagi sebagian pemancing, akhirnya memilih kolam sebagai alternatifnya 
  4. Kolam sering dijadikan sarana berbaur sesama komunitas mancing dalam mengadu ketrampilan mancing.
Jika melihat peluang di atas kiranya bisnis pemancingan menjadi sesuatu yang menguntungkan. 

Resiko Bisnis Kolam Pemancingan
Membuka kolam pemancingan yaitu menyewakan tempat memacing kemudian memberikan pelayanan. Berarti bisnis ini merupakan bisnis dalam bidang jasa.
Tentu saja segala usaha mempunyai resiko juga , resiko yang paling utama adalah tidak laku dan sepi pelanggan. Namun jika kita bisa tahu sebelumnya apa yang menyebabkan resiko tersebut maka kita akan mudah mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasinya.
Biasanya kolam pemancingan menjadi sepi ditinggalkan pelangan karena faktor penyebab antara lain,
    • Kurang memberikan pelayanan yang baik.
    • Tempat yang kurang nyaman
    • Kualitas ikan yang tidak baik
    • Peraturan mancing yang tidak tepat
    • Tarif yang kurang bersaing
    • Lokasi yang kurang strategis
      Faktor di atas menjadi faktor kendala yang paling dominan di samping kendala lain yang sifatnya lebih susah diprediksi... 
      • Cuaca
      • Susahnya mendapat pasokan ikan
      • Harga ikan dan pakan melambung
      • Persaingan usaha


      Kesimpulan
      Setelah baca prospek usaha juga dengan resikonya maka bisnis kolam pemancingan bisa menjadi alternatif pilihan peluang usaha.
      Apabila anda mampu mengelolanya dengan baik, kolam pemancingan dapat menjadi sumur rejeki selamanya selama hobi mancing tidak hilang dari muka bumi.
      Namun perlu diingat, kita jangan terlalu berpikir keuntungan saja. Resiko yang saya tulis diatas juga perlu menjadi pertimbangan juga.
       Demikian semoga bermanfaat.
      Terima kasih telah berkunjung.

      Sumber :
      Foto : shutterstock.com

      You May Also Like

      Subscribe by Email

      Untung Rugi Bisnis Kolam Pemancingan
      4/ 5
      Oleh