Minggu, 02 Juli 2017

Berbagi Pengalaman Memperbaiki Konten Tidak Memadai Google Adsense

Oh ya, sebelumnya masih dalam suasana hari raya Idul Fitri ini saya mengucapkan minal aidzin wal faizin, mohon maaf lahir batin untuk saudaraku semua dan khususnya pengunjung Blog saya.

Next to topic, kembali ke tema tentang meraih persetujuan mendapatkan akun Adsense.

Saya ingin berbagi pengalaman barangkali apa yang nanti saya tulis ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian teman teman Blogger yang kebetulan saat ini sedang berusaha untuk memperoleh persetujuan menjadi penayang iklan Google Adsense atau katanya bahasa kerennya yaitu Adsense Publisher.

Ok, sebelumnya juga perlu diingat dan dipahami kalau tulisan ini bukanlah trik atau tutorial cara memperoleh akun Adsense, sekali lagi ini boleh dikatakan berbagi pengalaman saja dengan harapan ada setitik ilmu yang berguna, yang bisa dipetik sebagai bekal berjuang mengejar keinginan kalian.

karena apa yang dirasakan dan dipikirkan teman calon publisher sekarang ini pernah juga saya alami sebelumnya
Agar_Memperoleh_Akun_Adsense
Google Adsense

9 KALI MEMPEROLEH EMAIL PENOLAKAN


Sebelum akhirnya saya mendapatkan akun Adsense, saya daftarkan Blogspot saya sampai sembilan kali dalam rentan waktu lima Bulan. 
Saya pertama daftarkan Blog ke Adsense, umur blog baru sekitar 2 Bulan dengan jumlah tulisan baru sekitar 20 artikel.
Dari situ awal saya memulai berjuang untuk mendapatkan kepercayaan menjadi mitra Adsense.

Kalian tentu juga tahu kan bagaimana rasanya selalu mendapati email penolakan ? 
Pastinya kecewa, sedih, sesal, binggung campur aduk tidak karuan.
Rasa itu juga saya alami, satu dua tahap awal belum begitu terasa namun dalam penolakan ke tiga dan selanjutnya rasa itu menjadikan titik frustasi dan putus asa.
Bahkan 2 Bulan saya sampai berhenti nulis artikel, aktifitas Blog hanya otak atik tema saja seperti ganti warna, masang gambar, buat logo dll...
Benar benar nyaris putus asa setelah hampir semua saran, semua trik, petunjuk saya jalankan hasil tetap nihil dengan jawaban email konten tidak memadai.

APA ITU KONTEN TIDAK MEMADAI


Dalam email yang dikirim dari Adsense-Noreply dilampirkan pula penjelasan dan saran tentang konten tidak memadai, yang kurang lebih seperti ini 


  • Pastikan laman Anda berisi teks yang memadai - situs web yang kontennya sebagian besar adalah gambar, video, atau animasi Flash tidak akan disetujui.
  • Konten Anda harus berisi kalimat dan paragraf lengkap, bukan sekadar judul.
  • Pastikan situs web Anda telah sepenuhnya rampung dan diluncurkan sebelum Anda mengajukan permohonan untuk AdSense - jangan ajukan permohonan ketika situs Anda masih dalam versi beta atau tahap "sedang dibuat" atau hanya terdiri dari kerangka situs web.
  • Tempatkan kode iklan di laman aktif situs web Anda. Tidak harus berupa laman utama, namun laman percobaan yang kosong kecuali untuk kode iklan AdSense tidak akan disetujui.
  • Sediakan sistem navigasi yang jelas untuk para pengunjung agar mudah menemukan semua bagian dan laman dalam situs web Anda.

Mengatasi_Masalah_Konten_Tidak_Memadai
Gagal menjadi Publisher Adsense
( ilustrasi foto Shutterstock.com )

Banyak Master Blog yang mengupas dengan panjang lebar dengan memberi saran dan masukan untuk memperbaiki masalah konten tidak memadai. Di antaranya :

Panjang tulisan minimal 300 suku kata, bahkan ada yang menyarankan 600, 800, 1000
Konten yang original, artikel dan gambar bukan dari copy paste
Memasang menu navigasi atas, label dan popular post
Memasang Privacy Policy, Disclaimer, Contact, About dll

BAGAIMANA MEMBUAT KONTEN MENJADI MEMADAI


Memadai apakah dengan Mengunggah 2 sampai 3 artikel tiap hari saat review ?
Juga dengan minimal 30 jumlah artikel pada waktu daftarkan blog ke Adsense ?
Semuanya masuk akal tetapi tidak ada yang menjamin kepastian blog pasti diterima.
Lalu bagaimana konten yang memadai itu ???
Menurut saya yang juga hanya sekedar pendapat, konten yang memadai yang diinginkan Google Adsense itu adalah KUALITAS.
Buat apa menulis dengan panjang lebar 1000 kata namun miskin inti, atau juga buat apa punya 100 artikel tetapi kurang mempunyai manfaat.


Ibarat majalah/koran dengan tulisan panjang yang maksutnya apa tidak jelas, sambungan tulisan juga entah di halaman berapa, foto dan gambar juga jelek maka saya yakin lain kali kalian tentu enggan membeli dan membacanya lagi. Pemasang iklanpun saya rasa enggan juga kan jika mau mengiklankan produknya pada majalah itu.

Demikian juga dengan Adsense, saya rasa juga enggan mau menampilkan iklannya di Blog yang biasa saja karena Adsense sebagai perusahaan nomor satu juga pengin memberikan kepercayaan dan pelayanan yang terbaik untuk para advertisernya.

Silakan bisa anda baca juga artikel saya tentang bagaimana cara membuat Blog terlihat berkualitas dengan link di bawah ini :

4 Hal Pokok Membangun Blog Yang Berkualitas

Logika kenapa Blog berkualitas menjadikan konten memadai dan memberi peluang lebih besar untuk diterima menjadi publisher iklan Adsense 
1. Profesional dan layak menjadi mitra Adsense
2. Blog benar benar telah siap memberi kenyamanan dan manfaat bagi pengunjung

Blog berkualitas berarti dengan sendirinya trik dan syarat yang disarankan para master blogger seperti contoh di atas akan masuk dengan sendirinya.
Blog kelihatan menjadi lebih baik dan profesional. Dan biarkan suatu saat Google Adsense memberi kepercayanan pada blog kita

BERBAGI PENGALAMAN DAN SARAN

Sebelum pada akhirnya saya memperoleh akun Adsense ini yang saya lakukan

1. Saya kembali membaca satu persatu  artikel yang saya unggah, ternyata benar tulisan saya acak-acakan. Tata bahasanya, ejaan, titik koma dan lainnya membuat saya yang nulis saja bingung apalagi pengunjung blog, hehe
Maka total saya perbaiki.
2. Satu dua artikel juga saya hapus karena menurut saya tidak ada nilai manfaat pengguna seperti yang diminta Google.
3. Saya kaget saat membuka laman, saya membuat laman seperti Privacy, TOS dengan online karena kurang teliti hasilnya kacau balau. Maka saya ganti juga.
4. Saya juga mengganti Tema yang selama ini saya pakai, karena tampilannya bagus di HP namun kurang nyaman dilihat lewat dekstop.
5. Yang terakhir saya berkunjung ke Blog-blog yang menjadi penayang Adsense guna membandingkan, rata-rata Blog mereka memang bagus dan berkualitas, memberi manfaat bagi pembaca.
6. Berusaha memperbaiki kualitas

  • Tulisan dan Tata Bahasa
  • Isi
  • Tema/Temlate atau Tampilan
  • Manfaat Pengguna

KESIMPULAN

Membuat blog hanya fokus untuk daftar Adsense maka bersiaplah gagal, tetapi membuat Blog supaya berkualitas dan bermanfaat maka adsense akan mendampingi Blog kalian.

Demikian tulisan saya, jika ada kekurangan mohon maaf.

Terimakasih telah berkunjung ke Blog saya



You May Also Like

Subscribe by Email

Berbagi Pengalaman Memperbaiki Konten Tidak Memadai Google Adsense
4/ 5
Oleh