Kamis, 06 Juli 2017

4 Hal Pokok Membangun Blog Yang Berkualitas

Puji syukur kepada Allah Swt, atas segalanya termasuk masih memberi kesempatan meluangkan waktu menulis artikel ini.
Jika di postingan yang lalu saya telah membahas mengenai cara mengatasi masalah Konten Tidak Memadai yang menyebabkan kalian tertunda menjadi Publisher Adsense. Artikelnya bisa dibaca pada link di bawah ini :

Berbagi Pengalaman Memperbaiki Konten Tidak Memadai Google Adsense 

Di kesempatan kali ini saya ingin belajar bersama teman teman Blogger semua bagaimana cara membangun Blog yang berkualitas.
Kualitas Blog tidak bisa dikesampingkan terutama saat kita berniat menjadi mitra Adsense, sebab itu adalah syarat yang diinginkan oleh adsense sendiri yaitu Blog (Konten) yang memadai, konten mengutamakan manfaat dan pengalaman pengguna.


Blog_Berkualitas
Membangun Blog Berkualitas
(Ilustrasi_shutterstock.com)

TOLOK UKUR KUALITAS SEBUAH BLOG


Arti dari KUALITAS sendiri adalah tingkat baik buruknya sesuatu/kadar.

Membangun Kualitas Blog berarti membuat Blog yang sebelumnya tidak baik menjadi Blog yang baik.
Memang tidak ada penilaian yang pasti untuk menentukan Blog tersebut Blog yang berkualitas, setengah berkualitas atau Blog yang tidak berkualitas. Tetapi Google Adsense begitu profesional, mereka mempunyai sistem yang cerdas yang hanya menerima Blog yang mereka anggap memadai yang sesuai dengan kreteria yang mereka tentukan.
Jadi menurut pendapat saya Blog yang berhasil lolos sebagai Publisher Adsense bisa dikatakan Blog yang mempunyai kualitas. Dengan arti lain Google Adsense bisa juga dijadikan tolok ukur apakah Blog kita punya kualitas atau belum.

Selain itu hal lain yang dapat menjadi acuan sebuah Blog berkualitas atau tidak, yaitu

  1. Trafik Pengunjung
  2. Konsitensi 
  3. Kreatif, Informatif, Dan Terpercaya

Trafik Pengunjung

Hampir mustahil Blog berkualitas sepi pengunjung, mereka mampu menyedot ribuan bahkan puluhan ribu visitor tiap hari. Bisa karena mereka mampu menjalankan SEO sehingga artikel postingan mereka masuk ranking serp Google atau bisa juga memang mereka mampu menyuguhkan artikel yang dicari dan dibutuhkan pengunjung. 

Konsitensi

Blog yang mempunyai kualitas selalu menjaga konsisten. Salah satunya  bisa dilihat dari cara mereka menerbitkan artikel, selalu kontinu dan berkesinambungan antara satu dan lainnya terbentuk link yang memberi kemudahan pengunjung.

Kreatif, Informatif, Dan Terpercaya

Kreatif memberi sajian yang menarik, entah dari tampilan tema/template, navigasi yang mudah, juga foto dan gambar sebagai pelengkap bisa menambah keindahan dan kenyamanan.
Dalam menyajikan artikel juga terasa informatif artinya mampu memberi informasi yang menarik, terupdate, yang membuat pengunjung selalu menunggu info-info berikutnya. Terpercaya itu berarti apa yang ditulis, diberitakan, ditutorialkan semuanya benar dan bisa dipertanggung jawabkan.


Menulis_Blog
Blogger

PENTINGKAH KUALITAS SUATU BLOG


Berbicara masalah penting atau tidak penting tentu dilihat dahulu maksut dan tujuan apa kita membuat blog.

Kalau maksut dan tujuannya hanya untuk sekedar menulis untuk pribadi saya kira masalah kualitas tidaklah begitu penting. Tetapi kualitas menjadi penting artinya jika kita membangun Blog untuk disuguhkan kepada orang lain, untuk dijual atau juga dimonetasikan.

Sama seperti saya, saya kira pembaca yang budiman mencari artikel inipun dengan maksut tujuan ingin Blog yang anda kelola menjadi berkualitas. 


BAGAIMANA CARA MEMBANGUN BLOG BERKUALITAS


Untuk menciptakan Blog yang berkualitas itu tidaklah instan namun memang perlu direncana, dibangun, diberdayakan, dengan baik. Juga dibutuhkan niat yang kuat, kerja keras, keuletan dan kesabaran yang pada akhirnya membuahkan keberhasilan.


Berikut ini kemampuan yang perlu dimiliki Blogger untuk menciptakan Blog berkualitas,


1. MEMILIKI TATA BAHASA YANG BAIK

Tata bahasa saya tempatkan pada urutan pertama. Menguasai tata bahasa dengan benar, baik bahasa Indonesia maupun Inggris adalah hal mendasar yang perlu dimiliki seorang Penulis. Semakin baik tata bahasanya semakin berkualitas pula tulisannya maka semakin diminati pula Blognya.

2. CERDAS DALAM MENYAJIKAN KONTEN

Hampir semua Blogger mengatakan jika konten adalah yang utama, dan begitu utamanya menjadikan konten sebagai Raja.
Konten adalah informasi yang tersedia melalui media/produk elektronik, termasuk internet. Konten (Content) Blog itu apa saja yang menjadi isi Blog termasuk tulisan, gambar, vidio dan lainnya yang menjadikan informasi pada Blog itu kepada pengunjung. Informasi yang benar, akurat, seimbang, menjadikan Blog mendapat kepercayaan pengunjung sehingga pengunjungpun tidak ragu datang kembali.
Mampu menyajikan konten yang baik menjadikan faktor kedua Blog anda menjadi berkualitas.

3. MEMILIKI KEMAMPUAN WEB PROGRAMMING

Kemampuan ini tidak mutlak harus dimiliki seorang Blogger, saya sendiri buta akan hal ini. Tetapi dengan mengerti kode HTML, CSS, JS mestinya akan lebih menjadikan Blog menjadi terlihat berkualitas dari sisi desain misalnya. Tampilan tema/template yang menarik, loading cepat, optimasi SEO dan banyak lagi tentunya bisa dijalankan jika kita mampu menerapkan kode-kode di atas. Sehingga jika orang menilai kualitas itu dari tampilannya maka kalian telah memilikinya.

4. MEMILIKI JIWA SENI

Seni adalah keindahan, memiliki tujuan yang positif menjadikan orang lain merasa bahagia.
Perlukah jiwa seni dalam membangun Blog ?
Saya jawab, sangatlah perlu dan begitu penting adanya.
Seni dalam menulis, menampilkan gambar, mengolah kata, mendesain tampilan dan semuanya.
Semua Blogger saya yakin ingin memberikan nilai keindahan bagi pengunjung maka mampu memiliki jiwa seni termasuk kemampuan yang perlu dikuasai seorang Blogger.

Demikian apa yang bisa saya tulis ini semoga menjadi manfaat, atas segala kekurangannya dengan rasa rendah hati saya minta maaf. Rasa terima kasih banyak juga saya sampaikan temen teman mau berkunjung ke Blog saya.

Sumber : -
Foto : www.shutterstock.com

You May Also Like

Subscribe by Email

4 Hal Pokok Membangun Blog Yang Berkualitas
4/ 5
Oleh