Jumat, 06 Januari 2017

8 Upaya 1 Solusi Antisipasi Resiko Gagal Usaha

GM-  Langsung ke topik bisnis pemasaran dan usaha yang kali ini mengangkat artikel tentang kegagalan usaha, penyebab, dan solusinya.

Yang namanya usaha baik skala besar atau skala kecil tentu pernah mengalami pasang surut keusahaan. Dan penyebabnya juga beragam masalah.
Pada pointnya dalam usaha itu kita harus siap menerima dua kenyataan yaitu 
KESUKSESAN ATAU KEGAGALAN

Dan dari beragam masalah penyebab kegagalan usaha itu sebenarnya karena bersumber dari tiga faktor, yaitu

1. Faktor internal

Adalah faktor dari dalam sendiri antara lain salah perencanaan, masalah permodalan, salah dalam hal keuangan, salah produksi dan pemasaran, masalah mental personal seperti malas, ceroboh, kelalaian yang fatal, kalah bersaing dan lain-lain

2. Faktor eksternal

Adalah faktor karena penyebab dari luar misalnya adanya bencana alam, kebakaran, sabotase, relokasi tempat usaha (penggusuran), krisis moneter global, dan lain-lain.

3. Faktor keberuntungan dan nasib

Adalah faktor Non teknis tetapi hal ini sangat mungkin terjadi misal masalah internal dan eksternal baik-baik saja dan usaha kita lagi diatas tetapi terjadi musibah misal sakit berkepanjangan, kecelakaan yang mengakibatkan hal buruk, dan lain-lain.

Mau usaha tetapi Kok faktor penyebab kegagalannya banyak banget ya???
Jawabnya tidak
Bagi pemula yang sedang baru mulai menjalankan usaha atau sedang baru merencanakan usaha tidak perlu risau dan cemas. Tidak mungkin semua faktor masalah tadi secara bersamaan menerpa usaha anda tetapi sangat mungkin hanya karena satu faktor masalah saja usaha anda jadi gagal.

Barangkali bermanfaat: 6 kunci utama sebelum mendirikan usaha



Strategi-usaha
Strategi Usaha


Untuk itu alangkah baiknya sebelum kita start menjalankan usaha kita perlu persiapkan dulu matang-matang strategi dan antisipasi bilamana terjadi masalah nantinya.Berikut contoh saran dalam mengantisipasi masalah, agar resiko kegagalan usaha anda bisa di minimalisir.


    Antisipasi masalah internal (no 1 sd 5)

    1. Dimulai dari menyiapkan mental dan karakter diri yang kuat. Bentuklah kepribadian yang jujur, kerja keras, ulet dan tahan banting.

    2. Fokus dan konsentrasi dengan usaha anda, bagi pemula disarankan mengelola satu usaha dulu dengan benar, setelah anda merasa pengalaman menjadi pengusaha silakan untuk membuka usaha yang lain.

    3. Siapkan dengan baik manajemen usaha. 

    4. Buat planing atau arah usaha dengan jelas. Bahasa kerennya usaha anda harus ada visi dan misi.

    5. Buat pembukuan keuangan dengan jelas. Tidak harus cara teori akuntansi yang rumit, dengan cara yang sederhana namun hal keluar masuk keuangan harus jelas.

    Antisipasi masalah eksternal (no 6 sd 8)

    6. Perlu mempunyai modal cadangan.
    Titik aman untuk pemula yang ingin belajar usaha adalah 50:50
    Katakanlah anda mempunyai 2 juta untuk membuka usaha , realisasikan 1 juta sebagai modal bergerak dan 1 juta sebagai dana cadangan. 

    7. Perlu menyisihkan dari sebagian laba atau keuntungan untuk penambahan pos cadangan resiko. Hitung nilai dengan prosentasi sesuai hitungan pembukuan.

    8. Buka cabang baru.
    Ingat cabang baru yaitu dengan usaha yang sama, bukan membuka usaha baru. Atau bahasa lain mengembangkan sayap. Jika antisipasi ini untuk mengantisipasi jika terjadi resiko misal penggusuran, cabang baru ditempat lain akan begitu berarti adanya.

    Antisipasi masalah keberuntungan/nasib

    9. Solusinya adalah BERDOA , SABAR, DAN TAWAKAL.
    Delapan upaya di atas tanpa dibarengi satu solusi terakhir ini maka bisa tidak akan ada artinya. 
    Untuk yang setuju dengan solusi yang terakhir ini tolong saling berbagi dengan share artikel ini ke yang lain barangkali bermanfaat untuk saudara kita lainnya dan yang pasti bermanfaat sekali untuk kebaikan blog ini, terima kasih.

    Demikian, dari Gudang Metode.











    You May Also Like

    Subscribe by Email

    8 Upaya 1 Solusi Antisipasi Resiko Gagal Usaha
    4/ 5
    Oleh