Senin, 10 April 2017

Tata Cara Menggelar Turnamen Sepak Bola

Gelaran pertandingan Sepak Bola antar kampung menjadi tontonan murah meriah merakyat yang selalu menarik pengunjung.
Apalagi kalau pertandingan tersebut bersifat turnamen yang memperebutkan hadiah seperti Kambing atau Sapi tentunya bakal terasa tambah meriah lagi. Di Kampung biasanya turnanen Bola ramai diadakan di Bulan Agustus dalam rangka memeriahkan Bulan Kemerdekaan.
Selain sebagai tontonan, turnamen semacam ini bisa sekali menghasilkan keuntungan materi bila dikelola dengan baik.

Panitia_Turnamen_Sepakbola
Turnamen Sepak Bola

Namun tahukah di balik kemeriahan penyelenggaraan pertandingan sepak bola dan sukses atau tidaknya sebuah turnamen kuncinya ada pada PANITIA PENYELENGARA.

Yap betul sekali, sebelum turnamen berlangsung tentunya ada panitia yang telah menyiapkan terlebih dulu segala sesuatunya antara lain membuat perijinan menggelar turnamen, membuat tata tertib turnamen / pertandingan, mengundang peserta, dan banyak hal termasuk juga mempublikasikan acara agar ramai pengunjung.

TURNAMEN SEPAK BOLA AKAN BERLANGSUNG SUKSES ATAU TIDAK ITU TERGANTUNG BAGAIMANA CARA PANITIA MENGELOLANYA

BAGAIMANA TATA CARA MENGGELAR TURNAMEN SEPAK BOLA ? 

Berikut saya coba berikan pemaparannya berdasar pengalaman Penulis yang sering kali berada di kepanitiaan Turnanen Antar Kampung ( Tarkam ) yang diadakan di Kampung tinggal Penulis.

I. PEMBENTUKAN PANITIA
Turnamen sepak bola akan berlangsung lancar dan sukses bilamana di situ ditangani dan dikoordinasi dengan baik, tentu saja perlu di bentuk panitia. Di awali dengan rapat guna menentukan dahulu susunan kepanitiaan.
Siapa yang dilibatkan dalam rapat ini ?
1. Seluruh anggota jika penyelelengara adalah organisasi. Misal Karang Taruna ataupun Klub Sepak Bola.
2. Tokoh atau orang yang punya pengaruh dan pengalaman luas.
3. Kepala Desa yang nantinya ditempatkan sebagai pembina dan pelindung.

Dalam rapat ini membentuk susunan kepanitiaan sebagai berikut,
1. Pelindung Dan Pembina
2. Ketua Panitia Dan Wakilnya
3. Sekretaris Dan Wakilnya
4. Bendahara
5. Seksi-Seksi sesuai kebutuhan


Biasanya seksi-seksi yang diperlukan antara lain,
1. Seksi Pendanaan, tugasnya menghimpun dana sebagai modal awal seperti menarik iuran, mencari sumbangan dernawan, sponsor dan lainnya termasuk mengurusi pengadaan tiket pertandingan
2. Seksi Perlengkapan, tugasnya antara lain mengurusi segala kebutuhan kepanitiaan juga hal seperti perijinan dan lainnya
3. Seksi Pertandingan, tugasnya yang berhubungan dengan pertandingan nantinya seperti mengundang klub bola mana yang akan diundang, menyiapkan wasit, anak gawang, kondisi lapangan, dan lainnya
4. Seksi Keamanan, dan seksi lainnya sesuai kebutuhan.

Seksi Keamanan bisa menanfaatkan keberadaan Hansip Desa yang nantinya selalu berkoordinasi dengan pihak Kepolisian.

II. MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN
Setelah susunan kepanitaan terbentuk selanjutnya adalah menyusun rencana pelaksanaan.
Dalam hal ini  apa-apa yang dilakukan adalah sebagai berikut;
1. Waktu pelaksanaan
2. Jumlah Tim kesebelasan yang akan diundang
3. Merumuskan metode pelaksanaan juga termasuk membuat tata tertib turnamen
4. Kapan dilakukan undian, teknikal meeting dan lainnya.

Pada point no. 3 di atas tata tertib turnamen sekiranya dibuat dengan seksama karena ini akan menjadi acuan atau kesepakatan peraturan bersama antara tim undangan dan panitia turnamen.
Mungkin bagi pembaca sekalian yang ingin mengetahui contoh tata tertib dimaksut bisa baca di sini Contoh Peraturan Dan Tata Tertib Turnamen Sepak Bola Tarkam


III. MENYUSUN RENCANA KERJA DAN ANGGARAN
Setelah terbentuk kepanitiaan turnamen, berikutnya menyusun rencana kerja dan perkiraan biaya yang diperlukan, dalam hal ini Seksi Perlengkapan dan Seksi Pendanaan harus kompak merumuskan yang terbaik. Apa saja yang diperlukan dan bagaimana pendanaanya perlu dirembug secara cermat.


Di sini Sekretaris mulai menyiapkan
1. Surat Perijinan
2. Proposal ke Sponsor
3. Dan administrasi lain seperti tata tertib, undangan, bagan pertandingan, dan lainnya.

Untuk Perijinan, membuat pernyataan tertulis disertai lampiran berkas seperti jadwal, informasi tim yang diundang dan seperlunya.
1. Ijin ke Polsek atau ke Polres, saya kira cukup ke Polsek bila tim-tim yang diundang nantinya berasal dari klub lokal dalam kota
2. Ijin ke Persatuan Sepak Bola Kabupaten, agar nantinya turnamen tersebut bersifat resmi dan diakui.

IV. MEMULAI MEMPROMOSIKAN DAN MEMPUBLIKASIKAN ACARA TURNAMEN BOLA
Seperti yang saya tulis di atas, turnamen Sepak Bola selain sebagai hiburan juga mendatangkan keuntungan atau bisa dikomersilkan.
Pernah satu kali turnamen bersifat " Tarkam " yang diselenggarakan di tempat penulis tinggal, panitia mendapat keuntungan sampai puluhan juta rupiah diperoleh dari penjualan tiket dan sponsor.
Saya kira jika panitia pandai-pandai mempublikasikan kegiatan tersebut tidak niscaya tiap sore penonton akan berduyun-duyun menyaksikan jalannya turnamen.

Demikian, saya kira itu tadi pokok dasar panduan menjadi panitia turnamen sepak bola. Sekali lagi ini adalah gambaran dari Penulis pribadi, jikalau banyak kekurangan mohon maaf banyak. Saran, masukan, dan kritik silakan tulis komentar di bawah.








sumber : -
foto : lukri

You May Also Like

Subscribe by Email

Tata Cara Menggelar Turnamen Sepak Bola
4/ 5
Oleh