Bagaimana cara membuat merek yang baik |
GM- Jika pada postingan yang lalu Gudang Metode mengunggah tulisan tentang Manfaat dan kegunaan MEREK bagi penjual dan pembeli, selanjutnya masih hal terkait dengan MEREK yang juga perlu kita ketahui adalah Bagaimana Cara Membuat Merek Yang Baik
Definisi merek menurut Wikipedia
Merek atau merek dagang adalah nama atau simbol yang diasosiasikan dengan produk/jasa yang menimbulkan arti psikologis/asosiasi.
Dengan begitu merek suatu barang/jasa sangat berperan penting dalam menentukan berhasil dan tidaknya pemasaran suatu produk. Yang berarti pula kita tidak boleh memberikan merek secara asal-asalan.
Setidaknya ada dua unsur yang dapat dijadikan acuan sebelum kita menentukan sebuah merek
1. Sebagai penjelas karakteristik sebuah produk
Contoh Merek: Tolak Angin
Merek jamu dari perusahaan terkenal tersebut secara tidak langsung sudah mampu menjelaskan karakter jamu tersebut yaitu berfungsi mengobati masuk angin
2. Sebagai pembeda dari produk sejenis
Contoh Merek: SuperMie
Produsen menyematkan merek tersebut mungkin dengan maksut tujuan menegaskan bahwa produknya lebih super dibanding produk mie yang lain.
Sedang secara umum kreteria membuat merek yang baik adalah sebagai berikut:
1. Singkat,Jelas dan Menarik (simple)
2. Mudah diucap
3. Enak didengar
4. Mudah diingat
5. Bermakna
6. Universal
SINGKAT,JELAS DAN MENARIK (SIMPLE)
Artinya cukup memakai satu atau dua kata saja dalam memberikan merek.
Jelas dari susunan kata dan simbol, jelas juga sebagai gambaran suatu produk tanpa mengesampingkan aspek kesederhanaan.
MUDAH DI UCAP
Pakailah kata yang mudah di ucapkan, sebagai contoh: orang Indonesia susah mengeja kata Inggris misalnya maka lebih tepat jika kita memgambil kata dari bahasa Indonesia saja.
ENAK DI DENGAR
Seperti hal mudah di ucap, enak di dengar juga perlu karena dengan enak di dengar maka memudahjan pula untuk di ingat.
MUDAH DI INGAT
Ini merupakan hal penting, bagaimana kita perlu mempertimbangkan dalam memilih kata apakan nantinya kata yang kita buat akan mudah di ingat atau tidak. Karena merek yang mudah di ingat bisa memudahkan produk cepat di kenal.
MENGANDUNG MAKNA
Sebagai makna penjelas dan sebagai makna pembeda, seperti yang sudah kita jelaskan di atas tadi.
UNIVERSAL
Artinya kita harus jeli memakai kata sebagai penyematan merek, arti kata daerah satu dan daerah lainnya mungkin saja bisa berbeda. Kata AA di Aceh bisa berarti Indah tetapi mungkin saja di Papua sana berarti Busuk.
Pilih kata yang kiranya universal yang dapat diterima dimana-mana.
Kesimpulannya Merek adalah identitas suatu produk, Merek yang baik akan memberi kebaikan pula pada suatu produk.
Demikian dari Gudang Metode Menganai Bagaimana cara membuat merek yang baik. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi sekalian pembaca.
Subscribe by Email
Bagaimana Cara Membuat Merek Yang Baik
4/
5
Oleh
Asyifa Indania